oleh

Cegah Penyebaran Covid-19, Warga Kampung Baru Inisiatif Semprot Disinfektan ke Rumah-rumah

-Pekanbaru-273 views

BM1A.com – Warga di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, berinisiatif menyemprotkan cairan disinfektan ke rumah-rumah. Penyemprotan disinfektan yang dilakukan di dua RT yakni RT 01 dan RT 02 di RW 07 dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Alhamdullilah, pagi ini kami warga di RW 07 bersama Bhabinsa bersama-sama melakukan Gorong Royong dan menyemprotkan disinfektan untuk mencegah penularan virus covid-19 di Kelurahan Kampung Baru,” kata Ketua RW 07, Sucianto.

Dikatakan Sucianto, untuk saat ini jumlah penambahan kasus pasien Covid-19 di Kota Pekanbaru banyak terjadi disumbangkan oleh Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Untuk itu langkah yang kami lakukan yakni melakukan pencegahan sembari mensosialisasikan kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat keluar rumah dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Masih dikatakan Sucianto, warga di Kelurahan Kampung Baru dengan sosialisasi yang telah dilakukan, dirinya memastikan warga sekitar akan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Mudah-murahan dengan usaha kami bersama warga dapat mencegah penyebaran virus corona di kelurahan kampung baru. Dengan tetangga kita sudah melakukan PSBM, tidak menutup kemungkinan Kecamatan Senapelan juga memberlakukan itu. Makanya, kami cepat mengantisipasi dengan melakukan GoRo dan penyemprotan disinfektan,” bebernya.

Sementara itu, Khairunnas warga Kelurahan Kampung Baru mengaku apa yang dilakukannya bersama warga dengan melakukan GoRo dan penyemprotan disinfektan tentunya bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Kita tak mungkin selalu berharap bantuan dari pemerintah. Maka dari itu warga secara bersama-sama melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri dan swadaya masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, masyarakat harus lebih sadar diri agar penambahan kasus pasien Covid-19 di Pekanbaru yang mencapai 4.030 tidak terus bertambah.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran memang harus dilakukan dari lingkungan keluarga. Jangan menyepelekan virus ini. Selalu gunakan masker saat hendak keluar rumah dan rajin mencuci tangan,” pungkasnya

Sekedar informasi, hingga saat ini jumlah pasien Covid-19 di Kota Pekanbaru telah mencapai 4.030. Dari angka tersebut, 2.444 orang masih dirawat, 1.512 dinyatakan sembuh dan 74 orang meninggal dunia. Sementara untuk Kecamatan Senapelan jumlah pasien Covid-19 sudah mencapai 144 orang.