oleh

Jadwal Ujian PPPK Tenaga Fungsional Guru di Riau Belum Ada Kepastian

Meskipun Badan Kepegawaian Daerah (BKD), telah mengumumkan hasil seleksi administrasi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk jabatan fungsional guru, namun, hingga saat ini untuk kapan pelaksanaan ujian selanjutnya belum kunjung keluar.

Berdasarkan keterangan Kepala BKD Provinsi Riau Ikhwan Ridwan, bahwa setelah dilakukan seleksi administrasi untuk para pelamar PPPK jabatan fungsional guru. Tahapan selanjutnya yakni ujian seleksi kompetensi. “Tapi sampai sekarang belum ada jadwal kapan seleksi kompetensi dimulai. Seluruh Indonesia juga seperti itu,” kata Ikhwan, Ahad (5/6/2023). Lalu diijelaskan Ikhwan, hingga hari terakhir pendaftaran total ada 9.001 peserta yang sudah mendaftar PPPK guru. Sedangkan untuk kuota yang disiapkan sebanyak 7.297 lowongan.

Kemudian, dari hasil pengumuman seleksi administrasi, terdapat 331 orang yang melakukan sanggahan karena dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi.

“Ada beberapa pelamar yang tidak lulus seleksi administrasi PPPK melakukan sanggah dan sanggahnya diterima. Total ada sebanyak 331orang mengajukan sanggah dari 353 peserta yang tak lulus,” kata Ikhwan. Lebih lanjut dikatakannya, setelah dilakukan telaah ulang, dari 331 peserta ada 29 orang yang diterima sanggahnya dan bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Dalam sanggahan tersebut, sebut Ikhwan, pihaknya hanya sebatas penyelenggara saja.

Sementara, untuk kewenangan penetapan jadwal dan lokasi ujian, serta sarana dan pra sarananya semua disiapkan oleh Kemendikbudristek dan BKN. “Untuk seleksi PPPK ini kita penyelenggara saja, semua yang menyiapkan Kemendikbud dan BKN,” sebut dia.