oleh

Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam, Pemko Rapat Bersama Polresta Pekanbaru

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru rapat bersama Polresta Pekanbaru terkait koordinasi kesiapsiagaan penanganan bencana alam di Aula Zapin Polresta Pekanbaru, Jalan Ahmad Yani, Selasa (8/11).


Rapat tersebut dipimpin oleh Kapolres Kota Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil beserta sejumlah kepala OPD terkait.


Dalam sambutannya, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi mengatakan rapat koordinasi ini dilaksanakan berdasarkan kajian resiko terjadinya bencana alam musiman. Apalagi, hujan deras sering turun pada beberapa waktu belakangan.


“Banjir merupakan musibah musiman yang terjadi di Kota Pekanbaru, tercatat dibeberapa titik rawan bencana alam jika musim hujan dan air pasang akan mengakibatkan banjir dan tanah longsor,” ujarnya.

Selanjutnya Kapolresta Pekanbaru menyebutkan, Pihaknya akan membentuk regu standby di Polresta dan juga membentuk tim standby di Polsek jajaran.


Selain itu, Kapolresta juga berharap kepada Kodim, Dishub, Satpol PP dan Damkar juga dapat membentuk tim standby dan on call di Mako masing -masing. Serta saling berkoordinasi dan bekerjasama dengan Camat, Danramil dan Kapolsek jajaran untuk membentuk tim standby di tiap-tiap kecamatan.


Untuk selanjutnya, Kombes Pol Pria Budi menegaskan, dalam minggu ini akan dilaksanakan apel gelar pengecekan peralatan penanganan bencana alam dimasing-masing instasi terkait, Pemetaan lokasi potensi bencana di kota Pekanbaru, Mencari letak pos yang strategis dan membuat Pos penganan bencana alam, agar memudahkan untuk penanganan bencana alam.


Sementara itu, Sekda Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil mengatakan Pemko Pekanbaru tentunya sangat mendapatkan dukungan dan juga akan saling bersinergi dengan instansi dan stakeholder dalam mencegah dan mengantisipasi bencana alam di Kota Pekanbaru.


“Tentu kita harus saling bersinergi. Karena pencegahan dan penanggulangan bencana banjir, kebakaran, dan lainnya itu harus bersama-sama kita melakukannya,” pungkasnya.