oleh

Koordinasi Kelengkapan Dokumen, Kepala BPKAD Pekanbaru Dampingi Sekda Kunjungi Politeknik Batam

-Pekanbaru-186 views

PEKANBARU – Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas, Pemerintah Kota Pekanbaru terus melakukan percepatan pengembangan rencana pembangunan Politeknik Pekanbaru.

Guna melakukan koordinasi kelengkapan dokumen Politeknik Pekanbaru, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru Yulianis mendampingi Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Jamil saat berkunjung ke Politeknik Batam.

“Alhamdulillah, kali ini kami berkesempatan mengunjungi Politeknik Batam mendampingi Sekda Pekanbaru dalam rangka koordinasi kelengkapan dokumen dalam rencana pembangunan Politeknik Pekanbaru,” ujar Kepala BPKAD Yulianis, Selasa (29/3/2022).

Lebih lanjut disampaikan Yulianis, sebagaimana diketahui, untuk mendukung terwujudnya Polteknik Pekanbaru, Pemerintah Kota Pekanaru menjalin kerjasama dengan Kampus Politeknik Negeri Batam (Polibatam) dalam membangun iklim pendidikan di Indonesia.

“Bentuk kerja sama ini dipertegas dengan penandatanganan Master of Understanding (MoU) antara kampus Politkenik Batam dengan Pemerintah Kota Pekanbaru pada akhir tahun lalu,” katanya.

Sementara itu, Sekda Kota Pekanbaru, M Jamil mengatakan kunjungan kali ini merupakan studi lanjutan dalam menyusun kelengkapan dokumen apa saja yang harus dilengkapi Pemerintah Kota Pekanbaru dalam membangun Politeknik Pekanbaru. Kegiatan pendidikan perguruan tinggi yang dirintis tersebut harapannya dapat segera disahkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri di bidang vokasi.

“Urgensi mendirikan perguruan tinggi vokasi negeri di Pekanbaru didorong oleh peningkatan kegiatan industri di Riau yang kian membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan keterampilan yang memadai,” katanya.

Menurut Jamil pembangunan politeknik ini sangat penting sebagai wadah pendidikan bagi penduduk usia produktif yang nantinya diperkirakan meningkat 70 persen pada 20 tahun mendatang.

Jumlah penduduk di Pekanbaru saat ini tercatat mencapai 1,2 juta orang, dan kemungkinan besar jumlahnya akan bertambah berkali lipat dalam beberapa tahun mendatang. Di samping itu, kegiatan industri di Pekanbaru pun kian menggeliat, mulai dari industri perminyakan, energi, maupun teknologi informasi.

“Harapannya ini dapat kami persiapkan secara matang sehingga politeknik dapat segera membuka pendaftaran bagi mahasiswa tahun ajaran mendatang. Sarana dan pra sarana sudah siap, dan ada beberapa tenaga dosen, selebihnya kami kerjasamakan dengan Polibatam,” tambahnya.

Lebih lanjut Jamil menjelaskan bahwa progres pembangunan Politeknik Negeri Pekanbaru secara simultan terus berjalan dengan baik. Seperti diantaranya, kajian naskah akademis dan kajian kelayakan pendirian itu sudah disusun. Berikutnya juga sambil proses itu berjalan, komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk mengusulkan ke Pemerintah Pusat tetap berjalan.

“Artinya sejauh ini prosesnya (pendirian Politeknik Pekanbaru) bergerak terus, dan kita mohon dukungan semua pihak. Karena memang Politeknik ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk menjawab tantangan dunia kerja di tahun-tahun mendatang, ” pungkasnya. (Adv)