oleh

Ops Keselamatan Lancang Kuning di Pekanbaru Sasar Pengendara Nakal

Menjelang Idul Fitri 1444 H tahun 2023, Satlantas Polresta Pekanbaru melakukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning guna menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, dan ketertiban lalu lintas.

Kasatlantas Polresta Pekanbaru, Kompol Birgitta Atvina Wijayanti mengatakan, Operasi Keselamatan Lancang Kuning tersebut akan dilaksanakan mulai dari 7 Februari 2023 hingga 20 Februari 2023.

“Menjelang Idul Fitri 2023, kami menggelar Operasi Keselamatan Lancang Kuning agar menciptakan kondisi keamanan lalu lintas di Kota Pekanbaru,” kata Birgitta, Rabu (1/2/2023).

Birgitta mengungkapkan, ada beberapa sasaran dalam operasi tersebut yaitu pengendara tidak menggunakan helm SNI, melanggar batas kecepatan, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan berkendara di bawah umur.

“Selain itu sasarannya kendaraan yang melawan arus, kendaraan yang menggunakan knalpot brong, berkendara di bawah pengaruh alkohol, berkendara menggunakan handphone dan berboncengan lebih dari 2 orang,” ujarnya.

Ia menegaskan, bagi pengendara yang kedapatan melanggar akan diberikan edukasi dan teguran, tidak menutup kemungkinan petugas akan melakukan tindakan penilangan.

“Kita upayakan untuk mengedukasi pengendara terlebih dahulu dan utamanya peneguran bagi pengendara yang melanggar, untuk tindakan penilangan tahap terakhir,” pungkasnya.