oleh

Pembuatan Jalur Sepeda Tahun Ini Belum Dapat Terealisasi di Pekanbaru

-Pekanbaru-154 views

PEKANBARU – Rencana pembuatan jalur khusus sepeda belum bisa direalisasikan di tahun 2021 ini. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih menunda pembuatan jalur khusus sepeda di sejumlah ruas jalan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru Yuliarso, melalui Kabid Manajemen Rekayasa Lalulintas (MRL) Edi Sofyan mengatakan, penundaan itu disebabkan karena pihaknya masih menyusun detail engineering design (DED).

Edi menyebut, sebelumnya kajian terkait jalur khusus sepeda telah dilakukan. Dari kajian itu telah ditentukan rute-rute khusus pesepeda, yang akan terhubung dari antar kecamatan.

“Tidak hanya itu, dalam kajian itu rute jalur sepeda ini juga terhubung dengan zona sekolah, pusat perbelanjaan dan wisata dalam Kota Pekanbaru,” ujar Edi, Rabu (3/2).

Selain itu, kajian yang dilakukan juga telah melakukan survei terhadap masyarakat. Dari survei itu, pihaknya mengaku bahwa masyarakat sangat mendukung pengadaan jalur sepeda tersebut.

Menurutnya, terkait pembuatan jalur khusus sepeda tersebut, pihaknya belum bisa memastikan kapan akan terealisasi. Realisasi jalur sepeda itu bisa dilakukan apabila sudah ada rencana anggaran, sedangkan sekarang masih dalam proses DED.

“Untuk menentukan anggaran itu perlu Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mana itu berdasarkan pada DED tadi,” terangnya.

Terkait proses DED ini, pihaknya menargetkan dalam tahun 2021 ini bisa selesai.

“Di tahun 2021 ini kan bertahap, mulai dari kajian jalurnya, DED nya, kemudian baru kita paparkan, dan setelah itu baru kita carikan sumber dananya,” jelasnya.