oleh

Peremajaan Lampu Jalan Tekan Tagihan Listrik Hingga Rp2 Miliar Perbulan

Peremajaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) konvensional ke ke Light Emitting Diode (LED) Smart System yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru di berbagai ruas jalan dapat menekan tagihan listrik hingga Rp 2 miliar perbulan.


Tagihan listrik dapat berkurang jika seluruh lampu jalan yang ada di berbagai ruas jalan sudah diganti dengan LED.

“Apabila seluruh lampu jalan se kota Pekanbaru sudah diganti dengan LED, target kita Rp 2 miliar dalam satu bulan tagihan rekening listrik kita. Sekarang Rp 4,7 miliar, nanti apabila sudah diganti, tinggal Rp 2 miliar lagi. Sementara PAD dari PPJ yang kita terima itu sudah Rp 11 miliar lebih, hampir Rp 12 miliar,” ujar Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Hidayat A, kepada media melalui Kasi Penerangan Jalan, Muhammad Anshar ST, Rabu (9/11).


Di anggaran perubahan dikatakan Muhammad Anshar, Dishub Kota Pekanbaru belum melakukan peremajaan lampu konvensional ke LED.


“Di perubahan ini nampaknya tidak ada. (Tahun 2023) Kita tetap menganggarkan, tapi segala sesuatu itu tergantung dari anggaran,” ujar Muhammad Anshar.


Saat ini Dishub sudah melakukan peremajaan lampu jalan sebesar 7 persen, dari kurang lebih 37 ribu lampu.


“Dari 37 ribu itu, baru 3 ribu yang baru bisa kita remajakan, artinya masih banyak (yang belum dilakukan peremajaan),” ujarnya.