oleh

Pj Wali Kota Pekanbaru Imbau Masyarakat Antisipasi Kerumunan Selama Nataru

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, mengimbau masyarakat agar mengantisipasi kerumuman pada momen natal dan tahun baru 2023. Imbauan ini disampaikannya dalam rapat bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru, Kamis (15/12).

Rapat berlangsung di Markas Yonko 632 Kopasgat. Ia menyampaikan bahwa penyelenggara keramaian selama momen natal dan tahun baru 2023 harus mengantongi rekomendasi dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru.

“Mereka harus mengantongi rekomendasi itu bila hendak membuat acara yang menimbulkan keramaian,” ujarnya dalam rapat.

Adanya ekomendasi ini tentu menjadi perhatian khusus untuk mencegah kerumunan di gereja, tempat hiburan hingga pusat keramaian. Ia menyebut adanya rekomendasi guna mengendalikan penyebaran Covid-19.

Dirinya juga sudah mengimbau masyarakat agar mengurangi volume keluar kota pada momen natal dan tahun baru. Mereka yang bepergian keluar kota tentu bisa mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

Pemerintah kota segera menerbitkan surat edaran terkait pedoman aktivitas natal dan tahun baru. Ia mengimbau agar masyarakat tetap mewaspadai penularan Covid-19.

“Jadi setelah rapat ini, nanti ada edaran ke seluruh gereja, tempat hiburan hingga pusat keramaian, agar masyarakat tetap waspadai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Pengendalian inflasi juga jadi bahasan oleh pemerintah kota bersama forkopimda. Mereka juga membahas langkah antisipasi kenaikan harga bahan pangan jelang natal dan tahun baru.