oleh

Ribuan Nakes di Pekanbaru Sudah Jalani Booster Kedua

Sebanyak 1.800 tenaga kesehatan (nakes) di Kota Pekanbaru, kini telah menjalani vaksinasi dosis keempat atau booster tahap dua.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy Saragih menyebutkan, jumlah nakes yang sudah booster kedua itu baru berkisar 16 persen dari total nakes sebanyak 11.053 orang.

Disampaikannya, penyebab masih rendahnya capaian booster kedua lantaran sebagian besar di antara nakes disuntik vaksin jenis Moderna pada booster tahap satu.

“Walaupun saat ini Moderna belum ada dan sebenarnya memang dari kementerian sudah membolehkan untuk yang booster pertama atau vaksin ketiga itu pakai Moderna, tetap boleh menggunakan jenis vaksin yang lain seperti Pfizer untuk booster keduanya,” ucap Zaini, Kamis (15/9).

Untuk kebutuhan vaksin Moderna itu, Diskes sendiri telah mengajukan penambahan ke Kementerian Kesehatan. Dari informasi yang diterima, saat ini stok vaksin jenis Moderna tersebut tengah kosong.

“Tapi walaupun demikian, karena stok Pfizer kita banyak, maka ini yang akan kita maksimalkan dulu,” terangnya.

Disinggung terkait target vaksinasi booster kedua untuk nakes, Zaini mengatakan diupayakan hingga akhir tahun minimal sudah 80 persen nakes tervaksin booster kedua.

“Targetnya itu untuk nakes, kita upayakan bisa minimal 80 persen hingga akhir tahun sudah tervaksinasi,” pungkasnya.