oleh

Silaturahmi dengan Warga di 4 Kecamatan, Pj Walikota Sampaikan Program Prioritas

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP, menggelar silaturahmi dengan warga di 4 kecamatan di antaranya Kecamatan Pekanbaru Kota, Lima Puluh, Sail dan Marpoyan Damai, Jumat (17/3).

Silaturahmi dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H yang dipusatkan di rumah dinas Walikota Pekanbaru di Jalan Ahmad Yani ini, turut dihadiri Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution ST M.Si dan pejabat di lingkup pemerintah kota.

Pantauan di lapangan, ada sekitar seribuan warga dari 4 kecamatan yang hadir pada silaturahmi tersebut. Kegiatan turut diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Dr H Kariman Ibrahim MA.

Di kesempatan itu, Pj walikota menyampaikan 4 program prioritasnya di 2023 ini yang seluruhnya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Program ini kita susun karena masyarakat banyak yang sudah apatis (acuh tak acuh) dengan pemerintah. Itu saya buktikan saat kunjungan lapangan karena (masyarakat) merasa tidak diperhatikan. Untuk itu, tahun ini kami buat program yang sifatnya pelayanan dasar,” ungkapnya.

Pertama, terang Pj walikota, ada bantuan santunan kematian sebesar Rp1 juta bagi ahli waria dari keluarga kurang mampu.

“Santunan ini bertujuan membantu meringankan beban ahli waris dalam penyelenggaraan jenazah,” ungkapnya disambut tepuk tangan warga yang hadir.

Kedua, lanjut dia, pemerintah kota menyiapkan pelayanan kesehatan melalui program Doctor on Call atau Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis).

“Program doctor on call 24 jam ini bertujuan mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Melalui program ini, masyarakat bisa menelpon puskesmas apabila membutuhkan pelayanan. Insyaallah, dokter bersama ambulans akan datang ke rumah untuk memeriksa. Ketika tidak bisa diobati di rumah, akan dirujuk ke rumah sakit secara gratis,” paparnya.

Kemudian program prioritas yang ketiga yakni memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi.

“Selain membantu meringankan beban warga kurang mampu dalam melanjutkan pendidikan anak, beasiswa ini juga bertujuan mencetak SDM berkualitas. Makanya kita berikan bantuan beasiswa untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan juga mahasiswa berprestasi,” ucapnya.

Selanjutnya program prioritas yang keempat bantuan subsidi bunga pinjaman bank bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kalau bapak/ibu punya usaha tapi kurang modal, bisa mengajukan pinjaman ke bank yang bekerjasama dengan kita. Nanti kita bantu melalui subsidi bungan pinjaman,” ujarnya.

Agar program yang telah disusun bisa tersampaikan dengan baik dan dinikmati warga, Pj walikota berharap adanya peran aktif RT-RW untuk membantu mensosialisasikannya.

“Jadi kepada RT, RW, bantu kami menyampaikan pesan ini kepada masyarakat, supaya program yang kita susun bisa dinikmati oleh masyarakat itu sendiri,” tutupnya.