oleh

Wali Kota Buka Pelatihan Bela Negara di Hotel Resty Menara

-Pekanbaru-113 views

Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T, M.T membuka pelatihan bela negara di Hotel Resty Menara, Selasa (22/3). Salah satu tujuan pelatihan ini adalah membentuk sikap disiplin dan membangun jiwa kebersamaan.

“Kegiatan bela negara ini guna memberikan edukasi kepada para pemuda. Agar, setiap warga Indonesia cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata wali kota usai membuka pelatihan negara.

Sehingga, setiap warga negara punya rasa tanggung jawab untuk membela negara. Dengan pelatihan bela negara, NKRI akan tetap ada hingga ribuan tahun yang akan datang.

“Makanya, rakyat Indonesia harus bersatu padu dan bersinergi membangun sebuah kekuatan yang disebut dengan bela negara,” ujar wali kota.

Kesempatan yang sana, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengatakan, kegiatan bela negara ini digelar berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Permendagri Nomor 38 Tahun 2011 tentang Pedoman Kesadaran Bela Negara di Daerah. Pelatihan bela negara ini bertujuan untuk membentuk sikap disiplin dan membangun jiwa kebersamaan.


“Pelatihan bela negara ini juga bertujuan membentuk solidaritas antar sesama hingga terbentuknya mental dan fisik yang tangguh. Pelatihan ini juga untuk menanamkan rasa cinta kepada negara serta melatih jiwa kepemimpinan dalam memimpin diri sendiri dan kelompok,” ujarnya.

Pelatihan bela negara ini dilaksanakan pada 22-24 Maret di Hotel Resty Menara. Para peserta pelatihan juga akan diberikan kegiatan pendalaman lapangan di Objek Wisata Alam Mayang.

“Peserta berjumlah 50 orang dari Organisasi Kemasyarakatan. Kami mendatangkan narasumber dari Polresta Pekanbaru, instansi terkait lainnya dan mantan narapida terorisme,” ungkap Zul

Mantan narapidana terorisme ini telah menjadi mitra deradikalisasi. Diharapkan, pelatihan ini bisa meningkatkan semangat bela negara.