oleh

Gelar Pelatihan Dasar PSM, Kadinsos Harapkan Tingkatkan Kepedulian ke Masyarakat

-Pekanbaru-113 views

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru menggelar pelatihan dasar bagi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) se-Kota Pekanbaru Tahun 2022. Bimbingan Teknis (Bimtek) diselenggarakan di Hotel Drego Pekanbaru, Rabu(30/3) kemarin.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Dr. H. Idrus, M.Ag yang diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin dr Hariya Deatzy.

Dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan (Prokes) secara ketat, kegiatan ini diikuti oleh 40 orang PSM di Kota Pekanbaru.

“PSM sebagai mitra pemerintah dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menangani masalah sosial yang terjadi di Kota Pekanbaru,” terang Kadinsos.

Menurutnya, karena berstatus sebagai relawan sosial, PSM berkedudukan di seluruh Kelurahan dan membantu mendorong dan mengembangkan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Kepada peserta yang mengikuti pelatihan dasar PSM ini untuk dapat melaksanakan tugas sesuai dengan ilmu yang telah mereka pelajari saat pelatihan,” pungkas Idrus.

Ia memaparkan, salah satu pilar sosial, PSM juga dituntut untuk dapat bekerja bersama Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dalam menanggulangi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang ada di Kota Pekanbaru.

Idrus juga berharap PSM yang nantinya akan terjun lansung ketengah-tengah masyarakat dapat menjadi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), salah satu gardan terdepan Dinas Sosial untuk melayani dan meningkatkan Kesejahteraan Sosial.