oleh

Hari Ini, PPDB SMA/SMK Negeri di Riau Dimulai

PEKANBARU РPelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Negeri di Provinsi Riau akan dimulai besok, Jumat (21/6/2024).

Informasi demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Roni Rakhmat, Kamis (20/6/2024).

Roni mengatakan, PPDB dimulai dengan tahapan pra pendaftaran. Dimana peserta didik sudah bisa mulai mengupload dokumen-dokumen persyaratan PPDB melalui aplikasi yang sudah disiapkan oleh panitia dan dapat mengakses laman ppdb.riau.go.id.

“Besok tahapan PPDB SMA/SMK negeri di Riau sudah dimulai, saat pra pendaftaran para calon siswa sudah mulai bisa mengupload dokumen,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Riau ini.

Beberapa dokumen yang perlu disiapkan diantaranya yakni Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP tamatan tiga tahun terakhir.

“Kemudian, surat keterangan rata-rata nilai rapor semester I-V SMP/sederajat. Usia paling tinggi 21 tahun pada 1 Juli 2024. Kartu Keluarga (KK) dan surat keterangan keabsahan dokumen,” terang Roni.

Setelah upload dokumen, lanjut Roni, kemudian pada 24-29 Juni peserta didik yang sudah mendaftar bisa memilih sekolah yang diinginkan. Khusus bagi peserta didik yang mendaftar di SMK, selain pilih sekolah, peserta didik juga harus memilih jurusan yang diinginkan.

“Khusus untuk yang mendaftar di SMK, peserta didik bisa memilih jurusan berbeda di sekolah yang sama apabila mengambil jalur di luar rangking,” katanya.

Setelah memilih sekolah, pada tanggal 30 Juni 2024 tahapan PPDB masuk ke proses rekonsiliasi data.

“Sesuai jadwal pada tanggal 1 Juli 2024 kita akan umumkan penetapan hasil seleksi PPDB Riau tahun 2024 untuk tingkat SMA dan SMK negeri di Provinsi Riau,” tutupnya.