oleh

Kesadaran Masyarakat Pekanbaru untuk Dapatkan Vaksin Meningkat Pesat

-Pekanbaru-130 views

Kesadaran masyarakat Pekanbaru untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 mengalami peningkatan pesat.

Hal ini dikatakan Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Irman Sasrianto. Ia mengatakan, bahwa hal ini bisa dilihat dari tingkat vaksinasi di Pekanbaru yang tinggi.

“Secara umum kesadaran masyarakat terhadap vaksinasi ini saya lihat sudah cukup tinggi, luar biasa tingkat kesadarannya,” kata Irman, Rabu (15/12/2021).

Irman mengatakan, hal ini membuktikan bahwa masyarakat sudah paham dan tidak percaya dengan hoax yang sengaja disebarkan oleh oknum – oknum tertentu.

“Pada awal vaksinasi Covid-19 ditemukan dan mulai disuntikkan ketubuh manusia, Irmmm banyak masyarakat yang takut dan berfikir negatif karena efek samping yang diciptakannya. Apalagi banyak juga beredar di media sosial berita-berita Hoax mengenai efek samping dari vaksin. Namun, saat ini masyarakat sudah paham,” ucapnya lagi.

Saat ini untuk menggesa tercapainya target vaksinasi di Kota Pekanbaru yang hanya kurang sekitar 10 persen lagi atau dari target awal 70 persen masyarakat yang harus mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berinovasi dengan menciptakan program centra vaksin mal, atau masyarakat bisa mendapatkan vaksin di mal.

“Respon dari masyarakat terhadap program pemerintah terkait vaksinasi ini bagus juga. jadi untuk yang di mal-mal, sepertinya itu sifatnya spontan ketika itu dilaksanakan di mal (bisa efektif). Kita juga ingatkan jangan kendor protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan,” tukasnya.

Sejauh ini, total warga Pekanbaru yang telah divaksin dosis pertama 630.560 orang (74,6 persen). Total warga yang telah divaksin dosis kedua 483.738 orang (57,2 persen).

Total warga yang belum divaksin lengkap 146.822 orang. Data ini hingga November 2021.