oleh

Masyarakat Terlindungi dan Ekonomi Tumbuh di Tengah Pandemi Jadi Misi Walikota

-Pekanbaru-268 views

BM1A.com – Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, masyarakat terlindungi dan ekonomi tumbuh menjadi dua misi utama pemerintah di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Untuk melindungi masyarakat dan menumbuhkan ekonomi ini, Pemko Pekanbaru menerbitkan berbagai peraturan dan himbauan.

Salah satunya Peraturan Walikota (Perwako) nomor 130 tahun 2020 tentang Perilaku Hidup Baru (PHB).

“Perwako 130 ini adalah perubahan dari Perwako sebelumnya yang mulai menerapkan sanksi administratif berupa dua formula. Pertama sanksi dengan nominal, dengan uang, yang kedua bisa diganti dengan bakti sosial,” ucap walikota.

Melalui penerapan Perwako 130/2020, pemerintah berharap bisa memotivasi masyarakat agar lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

“Karena sampai saat ini, belum ada obat untuk menyembuhkan covid ini.
Maka untuk melindungi masyarakat dan memutus mata rnatai, cara yang paling efektif dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tegas Firdaus.

Kemudian untuk menumbuhkan ekonomi yang turut terdampak pandemi Covid-19, pemerintah berupaya bagaimana menggerakkan agar masyarakat bisa lebih produktif.

“Karena kita tahu krisis kesehatan yang melanda negeri ini telah berdampak terhadap krisis ekonomi. Pertumbuhan ekonomi yang tadinya masih positif di triwulan pertama tahun 2020, tapi di triwulan dua minus, sudah di bawah nol, yaitu minus 5,” ungkap walikota.

Berkaitan dengan kondisi tersebut, pemerintah mengambil kebijakan harus mampu menggerakkan masyarakat agar menjadi masyarakat yang produktif dan juga dipastikan mereka aman dari Covid-19.

Agar dua misi tersebut tercapai, Firdaus meminta agar Gugus Tugas Covid-19 lebih meningkatkan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat.

“Jadi dua misi ini, masyarakat terlindungi dan ekonomi tumbuh di masa adaptasi kebiasaan hidup baru. Ini harus disosialisasikan lebih intens lagi. Tujuannya untuk mengajak masyarakat kita bersama-sama melindungi diri, keluarga dan masyarakat dari sebaran wabah Covid,” tandas Firdaus. [R2]

Komentar

Tinggalkan Balasan