oleh

Terima Kunker Panglima TNI, Gubri Sampaikan Capaian Vaksinasi di Riau

-Headlines-183 views

PEKANBARU – Terima Kunjungan Kerja (Kunker) bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito, dan Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabarharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan capaian vaksinasi di Riau.

“Untuk dimaklumi jumlah penduduk di Provinsi Riau 6,3 juta orang, 70 persen dari sasaran vaksinasi yaitu 4.475.860 jiwa. Vaksinasi pertama kita sudah mencapai 1,3 juta orang atau 29,4 persen dan vaksinasi 814.608 orang atau 18,2 persen,” terang Gubri saat rapat kunker Panglima TNI bersama Forkompinda Provinsi Riau di Hotel Pangeran Pekanbaru, Kamis (23/9/2021).

Sehingga dalam kesempatan tersebut, Gubri berharap bantuan Panglima TNI untuk penambahan vaksin. Sehingga di Provinsi Riau dapat meningkatkan vaksinasi terutama di wilayah perkebunan, kepulauan, juga melakukan vaksinasi untuk mahasiswa, pelajar yang masih banyak belum di vaksin.

Gubri menambahkan upaya yang telah dilakukan dalam penanganan kasus COVID-19 di Provinsi Riau diantaranya, menindaklanjuti Inmendagri dengan menerbitkan Ingubri tentang perpanjangan PPKM, mengoptimalkan posko Satgas di tingkat desa dan kelurahan.

Lebih lanjut, meningkatkan kapasitas tempat tidur di ruang isolasi, ICU dan penyediaan obat-obatan di Rumah Sakit di masing-masing daerah. Kemudian menyiapkan rumah oksigen gotong royong di Lanud Roesmin Nurjadin serta memfasilitasi pengisian tabung oksigen.

“Kita juga memberikan akselerasi pelaksanaan vaksinasi tidak hanya di fasilitas kesehatan tapi juga di ruang publik, seperti di mall, GOR, sekolah, kampus,” sebutnya.

Gubri menyebutkan saat ini, masyarakat Riau sangat antusias dalam melakukan vaksinasi, jika ada yang melaksanakan vaksin, banyak warga yang bukan hanya dari daerah setempat yang melaksanakan vaksin namun dari daerah di sekitarnya juga ikut datang melaksanakan vaksin.

Melihat antusias masyarakat Riau untuk divaksinasi, Gubernur Syamsuar berharap adanya penambahan vaksin di Provinsi Riau ini juga sebagai upaya meningkatkan imunitas masyarakat Riau.

“Kami mohon bantuan kiranya juga bisa ditambah vaksin di Riau ini dan kami sudah siap dengan Forkopimda meningkatkan vaksinasi 50.000 vaksin per hari untuk meningkatkan imunitas bagi warga kita yang ada di Provinsi Riau ini,” tuturnya.