oleh

Tiga Rumah Sakit Milik Pemprov Riau Terakreditasi Paripurna

PEKANBARU РProgram kesehatan di Provinsi Riau sudah semakin baik. Hal itu ditandai dengan 3 (tiga) Rumah Sakit milik Pemerintah Provinsi Riau yang telah terakreditasi dengan tingkat Paripurna. Akreditasi Paripurna merupakan capaian tertinggi dalam akreditasi Rumah Sakit.

Adapun Rumah Sakit milik Pemerintah Provinsi Riau yang sudah terakreditasi tingkat Paripurna, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, RSUD Petala Bumi, dan Rumah Sakit Jiwa Tampan.

“Tiga Rumah sakit milik Pemprov Riau ini sudah terakreditasi Paripurna. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa program kesehatan di Provinsi Riau sudah semakin baik,” kata Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Joni Irwan di Pekanbaru, Selasa (20/6/2023).

Kedepannya selain meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, yang perlu diperhatikan adalah peningkatan akses pelayanan kepada masyarakat, sehingga selain peningkatan pelayanan, tetapi aksesnya juga harus dilakukan.

“Dengan demikian sangat mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, khususnya di daerah perbatasan,” imbuhnya.

Saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Riau tahun 2022 sebesar 73,52. Naik 0,58 poin atau 0,80 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Kenaikan angka harapan hidup, karena Pemerintah Provinsi Riau terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, baik itu terhadap infrastruktur, alat kesehatan, juga dari segi pelayanan serta dokter dan tenaga kesehatan lainnya yang kompeten dan ahli di bidangnya,” terangnya.

Untuk itu, Pemprov Riau terus berupaya meningkatkan kompetensi Rumah Sakit agar integritas dan loyalitas terus terbangun demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Selain itu, para dokter dan tenaga kesehatan juga harus siap menghadapi perubahan dan beradaptasi dengan teknologi serta memperhatikan aspek kedisiplinan bagi para tenaga kesehatan.

“Harapan kami 3 Rumah sakit milik Pemprov Riau ini secara aktif dapat meningkatkan kontribusi dalam pengembangan mutu dan kualitas Rumah Sakit Umum di Provinsi Riau, serta mewujudkan Rumah Sakit yang terarah dan terpadu, sesuai arah dan tujuan pembangunan nasional dalam bidang kesehatan,” pungkasnya.