oleh

Update 4 Agustus: Dari 71 Orang Terinfeksi Corona Hari Ini, 32 Kasus Disumbang Kampar

-Kesehatan-245 views

BM1A.com – Kasus pasien positif Covid-19 di Provinsi Riau kembali meningkat tajam, bahkan melampaui rekor baru pada Senin 3 Agustus 2020 kemarin yang sebanyak 50 kasus.

Hari ini Selasa 4 Agustus 2020, dilaporkan sebanyak 71 orang dinyatakan kembali terkonfirmasi positif virus corona yang berasal dari kota Wuhan, China itu.

Dan dari 71 pasien positif baru ini pula, penambahan terbanyak berasal dari Kabupaten Kampar yang tercatat mencapai 32 kasus.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir.

“Hari ini bertambah 71 kasus positif Covid-19 di Riau. Dengan demikian total pasien Covid Riau berjumlah 577 orang yang tersebar di 12 kabupaten dan kota,” terangnya.

Menurut Mimi Yuliani, penambahan 71 kasus baru hari ini tersebar di 5 kabupaten/kota di Riau. Masing-masing di Kampar 32 kasus, Pekanbaru 11 kasus, Siak 13 kasus, Rokan Hilir 9 kasus, dan Rokan Hulu 3 kasus.

Penambahan 71 kasus ini pula berasal dari kontak erat sebelumnya, termasuk dengan adanya swab tenaga kesehatan.

“Penambahan ini juga merupakan hasil rapid test reaktif yang ditindaklanjuti dengan hasil swab PCR sebagai persyaratan mendapatkan pekerjaan di Provinsi Riau,” lanjutnya.

Sedangkan untuk 32 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kampar, terbanyak di dapat dari hasil swab massal tenaga kesehatan. Mulai dari dokter, perawat, hingga tenaga kebersihan di rumah sakit setempat.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan jumlah total tenaga kesehatan di Kampar yang terpapar Covid-19.

“Berapa jumlahnya belum bisa dipastikan karena ada 71 kasus positif, jadi kita menghitungnya secara teliti supaya tidak salah. Ada juga tenaga kesehatan terpapar Covid, seperti menajemennya, bagian medik, yang menolong membersihkan ruangan dan lainnya,” tandas Mimi Yuliani. [R2]

Komentar

Tinggalkan Balasan