oleh

Asisten II Pimpin Rapat Tim Simpul KPBU PJU

Mewakili Pj Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, El Syabrina memimpin rapat Tim Simpul Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Penerangan Jalan Umum (PJU) Jumat (21/10).

Hasil rapat yang dilaksanakan di ruang rapat Sekda Lantai 4 Perkantoran Tenayan Raya, Pemerintah Kota bakal menggandeng tim ahli dalam mengelola lampu penerangan jalan umum.

“Pemrakarsanya ada dari pihak swasta. Tentu kita kaji juga, kemampuan bayarnya seperti apa. Ada beberapa item yang kita memang minta dibahas ulang. Namun secara terinci kita tidak bisa membahasnya karena keterbatasan SDM, jadi kita putuskan akan menggandeng tim ahli,” ujar El Syabrina.

Dikatakan El Syabrina, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun juga menyarankan untuk menggandeng tim ahli.

“Sebagai pendamping, pak Pj juga minta seperti itu, pakailah tim ahli untuk mengkajinya, apakah sistem seperti ini menguntungkan bagi Pemko atau dengan swakelola,” ujar El Syabrina.

Terkait tim pendamping, saat ini Pemko terkendala anggaran, namun akan berupaya mencari solusi.

“Jadi tadi diputuskan, cuman untuk tim pendamping itu, dana tidak ada. Sebenarnya kita di kota Pekanbaru ini sudah memakai smart lighting PJU, kalau dengan KPBU ini lebih meringankan beban Pemko dan masyarakat juga menikmati lampu,” terangnya.

“Tidak ada yang mengeluhkan lampu mati. Kita juga bisa memantau dimana lokasi atau titik-titik mati. Dan juga sudah mengikuti standar Permenhub, Peraturan Menteri Perhubungan lampu yang dipakai. Banyak sih manfaatnya. Tapi tentu perlu kita kaji juga,” imbuhnya.

Dalam rapat yang digelar, turut hadir Dinas Perhubungan, Inspektorat, Bappeda, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Bagian Hukum dan Bagian Kerjasama.