oleh

Motor Listrik Green Tech bakal Mengaspal di Pekanbaru

-Nasional-81 views

PEKANBARU – Green Tech menjadi salah satu merek ternama yang ikut meramaikan pasar motor listrik di Indonesia. Motor listrik produksi PT Greentech Global Engineering tersebut bahkan mampu memproduksi sebanyak 1.000 unit per hari, atau kira-kira sekitar 300.000 sampai 400.000 unir per tahun.

Motor listrik tersebut diperkenalkan kepada masyarakat pada pada acara launching yang dibarengi peresmian showroom pertama mereka di daerah Kebun Jeruk Jakarta pada Kamis (26/1/2023) lalu.

Cahyadi Burhan selaku Direktur PT Greentech Global Engineering, pabrik manufaktur Green Techm mengatakan industri ini terletak di daerah Tegal Alur dan mampu memproduksi sebanyak 1.000 unit per hari, atau kira-kira sekitar 300 ribu sampai 400 ribu per tahun.

“Ke depannya, kami akan terus meningkatkan produksi agar bisa mencapai arahan Presiden Jokowi yakni ada 2 juta unit motor listrik di tahun 2024 di Indonesia,” ujar Cahyadi.

Ia mengatakan keunggulan Green Tech ketimbang motor listrik lain yang sudah ada adalah dari sisi ekonomis, di mana Green Tech lebih ekonomis dibanding merek motor listrik lainnya sekitar 40 sampai 50% dalam hal biaya operasional. Di samping itu juga, Green Tech akan menghadirkan titik-titik pengisian atau penggantian baterai di berbagai tempat.

“Berdasarkan survei yang kami lakukan, rata-rata motor listrik lain menghabiskan sekitar 10 ribuan per charging baterai dan harga tukar baterai juga cukup lumayan tinggi. Jadi kalau dibandingkan dengan bensin, sama saja. Kita menawarkan lebih murah dan juga akan dibangun charging station dan swab battery di 10 ribu titik sekitar Jabodetabek,” cakap Cahyadi.

Green Tech merupakan satu-satunya motor listrik yang akan menggunakan baterai buatan Tanah Air yaitu KK Baterai yang disuplai PT KKBrothers. Sekarang ini ada dua jenis baterai yang digunakan Green Tech yakni super graphene dan satu lagi litium. Selain itu, baterai ini juga telah dilengkapi keamanan ganda yang membuat pengendara merasa aman dan nyaman dalam berkendara.

Iman Budiaji Wibawa, Direktur PT Greentech Elektrik Automotif selaku perusahaan yang memasarkan Green Tech menambahkan bahwa ada delapan tipe Green Tech yang ada sekarang ini, yakni VP, Meta, Aero, Ranger, Scood, Hurricane, Unity dan Sporty. Tipe-tipe tersebut dihadirkan untuk memenuhi sesuai kebutuhkan masyarakat akan motor listrik. Bahkan selama launching akan ada promo yang dihadirkan.

“Green Tech juga akan mengembangkan kendaraan listrik beroda tiga untuk keperluan pengangkutan barang, sampah dan lain sebagainya,” sebut Iman.

Kerjasama dengan E Trans

PT Greentech Elektrik Automotif, perusahaan sepeda dan motor listrik Tanah Air melakukan kerjasama dengan perusahaan jasa transportasi online berbasis motor listrik, E Trans. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan MOU di acara Indonesia Best Electricity Award (IBEA) 2023 yang berlangsung di Hotel Bidakara, Rabu (22/02/2023).

Penandatanganan ini disaksikan oleh para founder dari E Trans yaitu Dahlan Iskan, Abdul Azis dan Milton Pakpahan selaku komisaris utama.

Pada kesempatan tersebut, PT Elektrik Transportasi Indonesia (E Trans) menandatangani pesanan 500.000 unit selama 2 tahun untuk kebutuhan ojol di DKI kepada PT Greentech Elektrik Automotif selaku produsen motor listrik dan PT KKbrothers Baterai Inovatif selaku produsen baterai dan penyedia infrastruktur pengecasan berupa swab battery station dan charging station.

PT Greentech Eletrik Automotif melalui Direkturnya Iman Budiaji Wibawa menyatakan sangat menyambut baik kerja sama ini. Iman mengatakan, bahwa tipe motor listrik yang akan digunakan E Trans adalah moda yang sudah sangat mumpuni sebagai alat transportasi.

“Sebetulnya semua unit kami adalah produk unggulan karena desain yang kami buat sesuai dengan kebutuhan dan diinginkan oleh masyarakat Indonesia. Untuk E Trans, sementara tipe yang fokus kami buat itu baru satu yaitu tipe Aero dengan double baterai sehingga jarak tempuh jadi lebih jauh,” pungkasnya.

Sebagai informasi motor listrik produksi PT Greentech Global Engineering dalam waktu dekat akan dipasarkan di Kota Pekanbaru.