oleh

Muflihun Minta Disdik Jadikan Program Hidup Bersih sebagai Pelajaran Mulok di Sekolah

PEKANBARU РPersoalan sampah menjadi perhatian serius Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Saat ini Pemko Pekanbaru terus menggalakkan budaya hidup bersih dan membuang sampah pada tempatnya.

Bahkan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun meminta kepada Dinas Pendidikan (Disdik) agar menjadikan program hidup bersih dan buang sampah pada tempatnya sebagai program muatan lokal pendidikan di Sekolah.

“Jadikan ini program pelajaran muatan lokal (Mulok) pendidikan di tingkat PAUD, TK dan juga SD untuk membudayakan buang sampah pada tempatnya, budaya bersih,” ujar Muflihun, Jumat (3/2/2023).

Ia mengatakan pemberian pelajaran tentang sampah ini bertujuan untuk mengajarkan kepada pelajar sejak usia dini beberapa hal tentang sampah. Baik kesadaran untuk tidak buang sampah sembarangan hingga bagaimana nanti pengelolaan sampah itu sendiri.

“Kalau dari sejak dini kita ajarkan anak-anak tentang pentingnya hidup bersih dan membuang sampah pada tempatnya, maka ini akan membuat mereka belajar bahwa tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan. Nantinya kedepan akan jadi kebiasaan,” sebutnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Pekanbaru ini mengajak masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan. Sehingga, Kota Pekanbaru dapat terbebas dari tumpukan sampah dan banjir di Kota Pekanbaru.

“Kita sering mengeluhkan banjir dan sampah. Sampah ini masalah kita bersama, semua manusia menghasilkan sampah, maka itu tanggungjawab kita bersama,” sebutnya.

Bahkan dirinya menjelaskan, sudah banyak negara yang berhasil menjaga kebersihan lingkungan dengan perubahan budaya perilaku masyarakatnya. Seperti Eropa dan Singapura yang masyarakatnya bisa tidak membuang sampah sembarangan.

“Masyarakat di Eropa, atau yang paling dekat di Singapura, mereka tidak membuang sampah sembarangan. Tidak ada sampah kalau kita jalan ke sana, ini karena perilaku dan budaya masyarakat di sana,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat Indonesia, khususnya Kota Pekanbaru harus mampu mencontoh perilaku tersebut. Apalagi, masyarakat Pekanbaru kental akan budaya yang sopan dan bersih.

“Budaya kita juga seharusnya sangat menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan. Ini menjadi tanggungjawab kita bersama,” jelasnya.

“Kita berharap budaya bersih dan tidak membuang sampah sembarangan dapat segera terwujud di Kota Pekanbaru,” imbuhnya.