oleh

Tuntaskan Banjir, PUPR Pekanbaru Segera Ekspos Masterplan ke Instansi Vertikal

-Pekanbaru-226 views

PEKANBARU – Pasukan kuning atau tenaga kebersihan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, setiap hari rutin membersihkan saluran pembuangan air atau drainase khususnya di wilayah rawan banjir.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, pengerahan pasukan kuning itu masuk dalam kegiatan Operasi dan Pemeliharaan (OP) untuk penanganan banjir jangka pendek.

“Jadi, sekarang kita bagaimana memberdayakan OP untuk penanganan cepat,” katanya.

Selain pasukan kuning, kata Indra, juga terdapat sebanyak 15 unit truk yang diterjunkan pihaknya untuk mengangkut material dan sampah yang diangkat pasukan kuning dari dalam drainase.

“Kita ada 10 truk di Bina Marga dan 5 truk di SDA, itu setiap hari melakukan perbaikan terhadap hambatan-hambatan di saluran yang ada,” ungkapnya.

Sementara untuk penanganan banjir jangka panjang, disampaikan Indra jika pihaknya melalui tim ahli sudah menuntaskan penyusunan masterplan drainase. Sesuai rencana, masterplan akan diekspos pada tanggal 5 Januari 2021 mendatang.

“Ekspos ini dilakukan ke instansi-instansi vertikal, baik provinsi dan lain-lain. Rencananya, ekspos akan dihadiri juga oleh Anggota Komisi V DPR RI bapak Syahrul Aidi,” pungkasnya.