oleh

4 Cara Mudah Hilangkan Bau Daging Kambing

-Kuliner-13 views

BM1A.com – Hari ini, Jumat 31 Juli 2020 umat Islam khususnya di Indonesia melaksanakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. Perayaan momen hari raya ini selalu diiringi penyembelihan hewan kurban, baik itu sapi ataupun kambing.

Nah, proses pengolahan daging kambing dan sapi ini tentunya tidak terbilang mudah untuk menjadikannya hidangan lezat, terutama dalam penyajian tekstur daging agar empuk dan tidak berbau.

Disini, kita akan memberikan tips agar daging kambing tidak berbau, yang dalam bahasa Jawa-nya disebut prengus.

Apabila Anda ingin mengolah daging kurban saat Idul Adha ini, maka hindari langsung mencuci daging. Alasannya, mencuci daging kambing justru akan membuat baunya semakin kuat.

Tapi tidak usah khawatir, ketika daging tidak dicuci masih akan dimatangkan sehingga kumannya pun akan mati.

Berikut tips lengkap menghilangkan bau pada daging kambing.

1. Jangan basahi daging kambing dengan air

Jauhkan daging dari air untuk hindari bau khas daging kambing yang timbul dari daging. Karena jika Anda cuci dengan air maka bau prengus pada dagingnya akan semakin kuat.

2. Luluri daging dengan bubuk rempah-rempah

Ketika Anda ingin membersihkan daging kambing sesudah disembelih, segeralah cuci dengan cepat. Setelah itu luluri atau baluri daging dengan bubuk rempah-rempah seperti kunyit, jahe, ketumbar, kayu manis, dan bawang putih.

Kemudian diamkan beberapa saat untuk meredam bau prengus, kemudian Anda sudah bisa mulai memasaknya.

3. Masak daging dengan nanas

Sudah dikenal sejak lama bau prengus daging kambing dapat dihilangkan dengan cara memasaknya dengan buah nanas. Selain menghilangkan bau, nanas juga bermanfaat membuat daging semakin empuk.

4. Mengolahnya dengan lengkuas dan daun salam

Bagian tubuh hewan kurban yang dapat diolah bukan daging saja, jeroan pun dapat dimasak. Untuk membersihkan dan memasak daging beserta jeroan, Anda dapat merebusnya terlebih dulu dengan lengkuas dan daun salam.

Nantinya air rebusan itu akan menimbulkan busa putih, busa tersebut yang membuat daging bau. Kemudian Anda dapat membuang air dan mengambil daging tersebut serta bisa langsung diolah.

Demikian tips ini, semoga dapat membantu Anda dalam menghilangkan bau prengus daging kambing. Selamat mencoba. [R2]

Komentar

Tinggalkan Balasan